Beranda » Sejarah

Sejarah


Sejarah Singkat STIE Sakti Alam Kerinci, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang didirikan sebagai wujud dari aspirasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan lanjutan jenjang pendidikan tinggi di Kabupaten Kerinci. Dibawah Yayasan Pendidikan Tinggi Sakti Alam Kerinci, STIE Sakti Alam Kerinci lahir sebagai bentuk komitmen dalam mencetak sumber daya manusia yang profesional, mandiri dan mampu memiliki daya saing secara global. Dengan kurikulum yang berbasis kompetensi STIE Sakti Alam Kerinci akan memiliki lulusan yang memiliki kopetensi (skill, knowledge, dan attitude) yang sesuai dengan kebutuhan global.

Pada tanggal 10 Agustus 2000 STIE Sakti Alam Kerinci didirikan berdasarkan Keputusan Mendiknas Nomor 140/D/0/2000 dengan dua program studi yaitu Ekonomi Pembangunan dan Manajemen.

Seiring perkembangan dan tututan untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas yang memiliki standar mutu perguruan tinggi maka pada tahun 2008 STIE Sakti Alam Kerinci membuktikan dengan dua program studinya yaitu Ekonomi Pembangunan dan manajemen sudah mendapat predikat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional dengan SK nomor 001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008 (untuk Program Studi Manajemen) dan SK nomor 009/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008 (untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan), sebuah pembuktian dari cita-cita yang diinginkan masyarakat STIE Sakti Alam Kerinci hadir sebagai perguruan tinggi yang terakreditasi pertama di lingkup wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Dalam pengabdiannya pada jenjang pendidikan tinggi, STIE Sakti Alam Kerinci pada tahun 2011 membuka program studi Akuntansi dengan SK Akuntansi Nomor 21/E/0/2011, tanggal 21 September 2011. Dengan tujuan menjadi pilihan utama dalam melanjutkan pendidikan menengah ke jenjang pendidikan Tinggi di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dan daerah kabupaten tetangga (Sumatera Barat dan Kabupaten di wilayah Provonsi Jambi).

Semenjak berdiri pada tahun 2000 sampai sekarang STIE Sakti Alam Kerinci telah melakukan wisuda ke XIII dengan total lulusan 1696 orang Sarjana, yang sebagian besar dari lulusan tersebut telah diterima di instansi Pemerintah maupun swasta.

Pada saat pentingnnya predikat akreditasi perguruan tinggi yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) STIE Sakti Alam Kerinci mulai tahun 2012 sampai dengan tahun 2013 mempersiapkan re akreditasi sebagai bentuk usaha dalam memenuhi standar mutu perguruan tinggi agar lulusan STIE Sakti Alam Kerinci dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnyadi dunia kerja. Dengan kerja keras dan usaha STIE Sakti Alam Kerinci meraih predikat akreditasi B program studi :

  • Program Studi Manajemen (S1) SK BAN-PT Nomor : 211/BAN-PT/Ak XVI/S/X/2013
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan dengan SK BAN-PT Nomor : 182/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014
  • Program Studi Akuntansi (S1) SK BAN-PT Nomor : 176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014

Untuk program studi akuntansi masih predikat akreditasi karena status program studi baru dan belum memiliki lulusan pada saat itu.

Dengan pencapaian yang diperoleh sebagai perguruan tinggi yang memiliki program studi terakreditasi B, maka melalui Kopertis Wilayah X STIE Sakti Alam Kerinci dipercaya Kemenristekdikti untuk menyaring calon mahasiswa yang bea siswa bidik misi, sejak tahun 2014 mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci telah mendapatkan bea siswa bidik misi sebanyak 36 orang dan ini menujukkan bahwa STIE Sakti Alam Kerinci menjadi perguruan tinggi yang dipercaya dan memiliki daya saing.

Dibawah kepemimpinan Drs. H. Baharuddin Semad, M.M selaku Ketua STIE Sakti Alam Kerinci dengan Wakil Ketua I Dr.Alvia Santoni, M.M dan Wakil Ketua II Sudirman, S.E, M.M, STIE Sakti Alam Kerinci berkembang menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan dan memiliki daya saing yang dibuktikan dengan menempati peringkat yang membanggakan untuk Kopertis Wilayah X (Sumbar, Jambi, Riau, Kepri) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset teknologi dan Pendididikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 494.A/M/KP/VII/2015. Dimana STIE Sakti Alam Kerinci menduduki peringkat 705 dari 3320 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia, peringkat Sekolah Tinggi di wilayah Provinsi Jambi. Tentu hal ini menjadi pencapaian yang menunjukkan eksistensi STIE Sakti Alam Kerinci sebagai perguruan tinggi yang memiliki daya saing sesuai dengan Visi dan misi yang telah ditetapkan.

Perkembangan dan pencapaian yang diraih STIE Sakti Alam Kerinci berimbas pada peningkatan jumlah mahasiswa, yang dapat dilihat dari perbandingan dari tahun ke tahun seperti tahun 2007/2008 mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci berjumlah 871 mahasiswa dan pada tahun akademik 2016/2017 telah mencapai 1450 mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan maasyarakat untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi semakin meningkat.


X