Pilihan Kampus Berkualitas


Kuliah emang udah jadi prioritas penting untuk saat ini. Terutama bagi anak-anak muda yang emang punya keinginan buat kerja di perusahaan besar dan dapet gaji yang gede. Itu mengapa, banyak banget orangtua yang wanti-wanti supaya anaknya kuliah di Universitas yang berkualitas. Jadi mereka gak akan merasa percuma mengeluarkan uang yang banyak untuk anaknya.

Begitu pula kamu yang pastinya gak mau salah pilih jurusan, dan merasa menyesal. Untuk kamu yang baru lulus dan masih awam masalah mencari kampus yang tepat. Ini nih tipsnya.

Kenali Cita-cita dan Bakat

Kenali dulu apa cita-citamu, setelah itu sadari bakatmu selama ini. Jangan sampai, kamu nekad masuk jurusan yang gak bisa kamu ikutin hanya karena gengsi semata. Sayang banget kan, kalau di tengah jalan kamu merasa menyesal. Jika sudah tau apa cita-citamu, apa tujuan kamu kuliah dan kedepannya, maka mantapkan jurusan atau program studi yang akan kamu ambil.

Cari Informasi dan saran dari Kenalan yang Dianggap “Berhasil”

Pastinya di antara begitu banyaknya anggota keluarga, ada yang dianggap sebagai orang yang “berhasil”. Misalnya saja kakak ipar kamu yang kuliah di kampus terfavorit dan sekarang kerja di perusahaan asing dengan gaji yang gede. Biasanya orang yang dianggap “berhasil” ini, punya banyak kenalan dan sering banget sharing pengalaman bersama teman-temannya dari kampus lain. Apalagi ketika mereka baru lulus kuliah dan ngerasain masa-masa gak enak mencari kerja, pasti deh semua kejelekan dan kebaikan kampusnya diomongin. Nah, kamu bisa tanya-tanya kampus apa yang menurutnya berkualitas dan tepat untuk kamu. Kamu juga bisa curhar dan minta saran kampus yang punya masa depan bagus untuk kamu. Dengan pengalamannya sebagai mahasiswa, dan pengamatannya akan dunia kerja saat ini dan nanti, dia bakal ngasih saran yang bagus untuk kamu.

Lihat Akreditasi, Program, dan Fasilitas

Gak salah lagi, kalau patokan kualitas sebuah kampus dan fakultasnya adalah akreditasi. Ini yang harus kamu cari tau. Lihat akreditasi dari fakultas atau program studi yang ingin kamu ambil. Di mana rangking tertinggi untuk akreditasi ini adalah akreditasi A. Biasanya kampus dengan akreditasi A sudah terpercaya dan memiliki penilainan dari BAN-PT. Termasusk soal kualitas dosennya, yang memenuhi syarat pendidikan maksimal S2. Jika tidak ingin ambil resiko, sebaiknya hindari kampus dengan akreditasi C atau yang belum diakreditasi. Kemudian lihat program-program yang ditawarkan. Apakah memang bagus menurut kamu. Dan seperti apa fasilitas yang akan kamu dapatkan nantinya.


Lihat Hasil Karya Mahasiswanya

Sebuah kampus yang berkualitas harusnya bisa menghasilkan mahasiswa yang kreatif. Kamu bisa lihat kualitas kampus itu dari hasil karya mahasiswanya. Lihat karya-karya yang telah mereka buat. Dari sana kamu akan menilai seperti apa sebuah kampus berhasil membangkitkan ide, kreativitas serta semangat mahasiswanya untuk maju. Kampus yang bagus gak hanya mementingkan pendidikan di dalam kelas juga. Mereka akan mendukung penuh semua penelitian dan hasil karya yang dibuat oleh mahasiswanya. Dari sini kamu bisa lihat, perhatian dan dukungan kampus tersebut terhadap kemajuan mahasiswanya.

Lihat Alumnus

Menjadi alumnus berarti telah melewati semua proses pengajaran di dalam sebuah kampus. Lihat alumnus dari kampus yang kamu incar. Bekerja di manakah mereka, seberapa sukseskah mereka, bahkan sebagaimana berhasilnya mereka menciptakan lapangan pekerjaan? Gak hanya itu, dari alumnus ini kamu bisa gali informasi mengenai kampus tersebut. Kamu bisa tau seperti apa kampus itu dari semangat mereka saat ini ataupun keluhan mereka merasa menyesal masuk kampus tersebut.

Bagaimana Kerjasama dengan Pihak Luar

Kampus yang terpercaya biasanya memiliki kerjasama yang baik dengan pihak luar. Pihak luar yang mau bekerjasama dengan sebuah kampus telah memiliki pertimbangan bahwa kampus tersebut berhasil mencetak mahasiswa kreatif, jenius dan memiliki masa depan cerah. Kerjasama itu bisa berupa penyaluran hasil karya para mahasiswa, mengadakan penelitian bersama, pemberian hibah, hingga penyaluran tenaga kerja. Ada beberapa kampus yang sudah memiliki kerjasama khusus untuk memasukan lulusannya di beberapa perusahaan. Jadi bila kamu masuk ke kampus ini, kamu sudah punya jaminan kerja nantinya.

Pertimbangkan Biaya Kuliah

Apabila sudah mengetahui mengenai kampus itu, pertimbangkan dengan biaya kuliah. Rundingkan dengan orangtuamu mengenai kesanggupan mereka mengeluarkan biaya setiap semester.

Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari sekarang. Kamu bisa cari informasi dari web-web tiap kampus, atau senior-seniormu yang udah jadi mahasiswa sekarang. Dan yang pasti, mantapkan hatimu dari sekarang! []

– JEKE JUFITRA, Kabag. Akademik

X