Stie Sakti Alam Kerinci Terakreditasi B

Minggu, 26 November 2017 | 05:38 WIB


Program Studi Pendidikan IPS UNNES Selenggarakan Seminar Nasional Kependidikan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sakti Alam Kerinci salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 1018 orang telah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT Nomor :21/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013.

Perolehan Akreditasi B ini, STIE Sakti Alam Kerinci telah mendapat pengakuan kwalitas Perguruan Tinggi, ini suatu bukti bahwa STIE Sakti Alam Kerinci mampu disejajarkan dengan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Hal ini dikemukakan Wakil Ketua STIE Bidang Akademik & Kemahasiswaan, Alvia Santoni,SE,MM kepada kerincitime.co.id diruang kerjanya kemarin. Sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, menyebutkan Gelar Akademik dan gelar vokasi dinyatakan tidak sah dan dicabut oleh Menteri apabila dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi dan atau Perguruan Study yang tidak terakreditasi, artinya sebuah Perguruan Tinggi tidak berhak mengeluarkan ijazah kepada lulusannya apabila perguruan Tinggi tersebut belum Terakreditasi.

Sebagai upaya kampus meningkatkan kualitas mahasiswa,agar mereka setelah menyelesaikan studinya siap terjun kemasyarakat dalam menghadapi tantangan globalisasi, STIE melakukan kerjasama dengan Lembaga Profesi Indonesia (LPI), disini mereka diberi pelatihan, bagi yang lulus ijazah ditambah sertifikat profesi diberikan sebagai nilai tambah mahasiswa memahami ilmunya secara spesialisasi.

Oleh karena itu Alvia menghimbau,agar orang tua yang akan mendaftarkan anaknya ke Perguruan Tinggi maka, mereka harus jeli dalam menentukan pilian Perguruan Tinggi mana yang akan mereka pilih ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari. Menurutnya, banyak cara untuk mendapatkan informasi salahsatunya melalui brosing di internet.

Drs.H.BaharuddinSemad,MMKetuaSTIE-SAKTerpisah Ketua STIE-SAK,Drs.H.Baharuddin Semad,MM bertempat di ruang Kerjanya Kampus 1 STIE di Sungai Penuh memaparkan, bahwa Perolehan Akreditasi B dilalui melalui perjuangan yang berat dan panjang dimulai dari persiapan-persiapan untuk memenuhi persyaratan antara lain, sarana prasarana,proses belajar mengajar, jumlah dosen dan mahasiswa , kepemimpinan hingga ke alumni menjadi salah satu indikator STIE mendapakan Akreditasi B.

Namun begitu pihaknya sangat bangga STIE-SAK mendapatkan status menjadi Akreditasi B menurut pengakuannya,Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SAK adalah Perguruan Tinggi di Kerinci yang pertama memperoleh terakreditasi B, tentu ini menjadi sebuah tugas yang berat karena pihaknya harus dapat terus meningkatkan kwalitas pendidikan dan sumber daya manusia. Oleh karenanya Pihak Kampus hingga kini secara terus menerus melakukan pembangunan, baik pembangunan gedung yang berlokasi di Kampus 1 yang terletak di pusat kota Sungai Penuh maupun kampus 2 yang berlokasi di Sekungkung Kabupaten Kerinci ,disamping itu sebagai upaya terhadap peningkatan kualitas sumber daya pengajar,kini telah banyak dosennya yang sedang melanjutkan studynya ke jenjang S2 dan S3.

STIE-SAK memiliki 3 jurusan yaitu Program Studi Manajemen S1, Program Studi Ekonomi Pembangunan S1 dan Program Studi Akutansi S1, dengan diperolehnya Akreditasi B maka manfaat yang diraih adalah Pengakuan secara nasional dan Internasional, Bisa menerima Hibah dari Dikti, Bagi Mahasiswa yang akan mengikuti Tes Polisi, Bank atau Perusahaan persyaratannya harus lulus dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi, juga bisa mendirikan atau membuka Magister (S2).


X