Rangkaian Gebyar Dies Natalis STIE-SAK dimulai, Ratusan Siswa Ikuti Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di STIE-SAK

Minggu, 23 Februari 2020 | 13:37 WIB


Program Studi Pendidikan IPS UNNES Selenggarakan Seminar Nasional Kependidikan

Ratusan siswa kelas XII SMA/SMK/MA Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci mengikuti Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Rabu (22/02/2020) yang diselenggarakan oleh STIE Sakti Alam Kerinci dalam rangka Dies natalis STIE-SAK ke 20 tahun. Simulasi UNBK 2020 tersebut diharapkan agar para siswa pada pelaksanaan nanti bisa mengerjakan dengan baik.

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak 400 siswa ini menjalani simulasi UNBK 2020 selama 1 hari di ruang kuliah yang ada dan dibagi menjadi 3 sesi. Sementara itu, soal yang diujikan dalam simulasi tersebut adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.

Ketua STIE Sakti Alam Kerinci, Dr.Alvia Santoni,M.M., mengatakan, bahwa siswa agar mengikuti simulasi tersebut untuk menghadapi UNBK sekitar bulan Maret 2020 ini. “Dengan simulasi ini kita harap para peserta UNBK ini bisa lebih paham tentang soal UNBK nantinya. Jadi, siswa akan lebih tenang dalam mengerjakan soal UNBK nanti. Lewat ini pula kita jadi tahu kemampuan siswa, terlebih pemantapannya kita sudah sejak sekarang,” jelasnya.

Ia juga selalu mengingatkan agar para siswanya bisa beradaptasi dengan ujian berbasis komputer tersebut agar hasilnya memuaskan dan baik. Meski UNBK tidak menentukan kelulusan, namun menjadi salah satu pertimbangan ketika masuk ke jenjang yang lebih tinggi.“Kalau nilainya memuaskan tentunya para siswa bisa diterima di semua sekolah. Jika nilainya baik juga menjadi kepercayaan tersendiri dari masyarakat kepada kita. Dengan begitu, kita tidak kesulitan memperoleh peserta didik baru. Kita selalu sampaikan agar peserta juga tidak melakukan sesuatu yang berpotensi membahayakan diri dan berdampak tidak bisa ikut UNBK,” pungkasnya.

Koordinator Dies Natalis Ibu Dona Elvia Desi,S.E.,M.M mengungkapkan bahwa Kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa dan mereka merasa senang setelah mengikuti kegiatan ini karena membantu mereka dalam memahami proses ujian berbasis komputer yang dalam waktu dekat akan mereka ikuti disekolah. "Alhamdulillah.. acara Simulasi UNBK Tingkat SMA sederajat se kabupaten dan kota sungai penuh dalam rangka dies Natalis ke 20 STIE SAK berjalan dengan lancar.. simulasi ini bertujuan untuk membantu siswa SMU kelas XII mengikuti ujian nasional berbasis komputer yang sebentar lagi akan dilansanakan. (DH/ Infokom STIE-SAK)


X