Pelatihan Pengisian SISTER, BKD dan SIAKAD untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci

Minggu, 10 Oktober 2021 | 01:09 WIB


Program Studi Pendidikan IPS UNNES Selenggarakan Seminar Nasional Kependidikan

SUNGAI PENUH - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci telah melaksanakan Pelatihan Pengisian SISTER, BKD dan SIAKAD bagi seluruh Dosen STIE Sakti Alam Kerinci pada hari Sabtu, 09 Oktober 2021. Pelatihan ini dilaksanakan secara luring di Kampus I STIE dengan menghadirkan pembicara yaitu H. Ferry Siswadhi,S.E.,M.Si selaku Ketua Program Studi Manajemen dan Deky Hamdani, S.E.,M.M selaku Operator. Tingginya animo peserta mengikuti pelatihan ini ditandai dengan besarnya antusias peserta dalam berdiskusi selama kegiatan ini berlangsung.


Kegiatan Pelatihan ini diharapakan dapat membantu Bapak/Ibu Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci dalam menyusun BKD/LKD dan SISTER, dan juga dapat meningkatkan kinerja Dosen, memudahkan menyusun beban kerja, ,mengerti teknis pengisian SISTER dan SIAKAD. BKD, SISTER dan SIAKAD merupakan tanggung jawab masing masing dosen sehingga setiap Dosen harus mengetahui dan mengerti bagaimana teknis penyusunan dan pengisiannya.

Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci, Gampo Haryono,S.E.,M.M. Pada sambutannya beliau menyatakan Pelatihan hari ini merupakan komitmen dari pihak kampus untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Beliau juga meminta kepada seluruh dosen untuk serius dalam menyimak materi yang disampaikan, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dan dapat diaplikasikan kedepannya.

Materi pertama disampaikan oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Infokom, selaku Operator SISTER dan SIAKAD, Deky Hamdani,S.E.,M.M. Beliau menyampaikan mengenai teknis dan sistematika pengisian SISTER dan SIAKAD. Beliau juga berharap untuk kedepan kita bisa mengupgrade SISTER kita sehingga pengisian SISTER bisa dilakukan tidak hanya dikampus saja tapi juga bisa dilakukan langsung dirumah.

Materi kedua disampaikan oleh Ketua Program Studi Manajemen, H. Ferry Siswadhi, S.E.,M.M mengenai penyusunan dan pengisian BKD.Beliau menyampaikan bahwa BKD dan LKD merupakan tugas dan tanggung jawab dari setiap Dosen, baik yang sudah maupun yang belum sertifikasi.Sehingga menjadi kewajiban bagi setiap dosen untuk mengetahui teknis pengisian dan penyusunannya. Sedangkan bagi Dosen yang sudah sertifikasi dosen, BKD dan LKD adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban terhadap penerimaan dana sertifikasi dosen bagi tiap individu dan lembaga, yang mana setelah melaporkan BKD dan LKD tersebut akan dikompilasi menjadi beban kinerja bagi perguruan tinggi.


X